Ingin Memiliki hewan peliharaan, Rumahmu sudah nyaman untuk hewan peliharaan?

Memiliki hewan peliharaan di rumah tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi sejumlah orang. Selain mampu membuat suasana rumah menjadi lebih hidup, memelihara binatang peliharaan di rumah juga memberikan berbagai macam manfaat kesehatan baik secara fisik, emosional, maupun mental bagi para pemiliknya. Jika kamu ingin memiliki dan memelihara hewan peliharaan di rumah, sebaiknya kamu mulai melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui hewan apa yang sesuai dengan keadaan ruangan di rumah kamu.

Mengetahui ukuran dan karakteristik hewan peliharaan.

Ukuran dan karakteristik hewan peliharaan dengan lingkungan yang mereka butuhkan sangat berefek besar terhadap kesejahteraan mereka. Jika kamu memiliki jam kerja yang panjang, kehidupan sosial yang sibuk dan sering bepergian, maka perlu pertimbangan lebih jika ingin mendapatkan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Karena tinggal di kandang sepanjang hari saat kamu berada di kantor bisa jadi hal yang membosankan bagi kucing atau anjing kamu.

Untuk ukuran hewan peliharaan yang cukup besar membutuhkan ruang yang cukup besar pula untuk mereka beraktivitas seperti berlari dan melompat. Bahkan, beberapa hewan yang lebih besar harus dipelihara di luar rumah untuk menjamin keamanan dari pemiliknya. Sedangkan anak anjing atau anak kucing tidak masalah jika ditempatkan di ruang yang kecil, namun perlu dipertimbangkan bahwa mereka tumbuh menjadi lebih besar dengan sangat cepat.

Memastikan kesesuaian ruang di lingkungan rumah kamu.

Sebelum kamu memiliki hewan peliharaan, sebaiknya pastikan untuk memeriksa kesesuaian ruang di lingkungan rumah kamu. Kandang hewan peliharaan harus mempermudah hewan untuk membuang kotoran, kandang bisa diberi lubang atau sediakan tempat khusus untuk membuang kotoran.

Bagi kamu yang ingin memelihara kelinci, tempatkan kandang kelinci di tempat yang tenang dan hindari pada lingkungan di tengah-tengah kebisingan, karena hal tersebut dapat membuat kelinci stres. Hal lain yang harus kamu perhatikan juga ketika kamu ingin memelihara ikan pada akuarium yang cukup besar adalah kamu perlu mempertimbangkan apakah lantai atau area tempat meletakkannya dapat menahan beban, bahkan kemungkinan membuat lantai basah terkadang juga salah satu yang harus dipertimbangkan karena beberapa jenis lantai tidak menangani air dengan baik.

Terakhir yang harus kamu perhatikan ketika ingin memelihara kucing atau anjing yang sangat aktif adalah mencari lingkungan terbuka seperti taman atau lainnya yang ramah dengan hewan peliharaan di sekitar rumah kamu untuk mengajak mereka berjalan – jalan santai.

Itulah hal – hal yang harus kamu perhatikan di rumah atau lingkungan tempat tinggalmu sebelum kamu memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan.

About the Author: Mr. Alvharezky

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *