6 Tempat Wisata Keluarga di Bandung untuk Habiskan Akhir Pekan

Tempat wisata keluarga di Bandung menawarkan berbagai liburan menarik di kota kembang. Terbagi dalam wilayah kota dan kabupaten, Bandung memiliki ragam destinasi untuk keluarga. Tempat wisata keluarga di Bandung tersebar mulai dari jantung kota hingga dataran tinggi.

Mulai dari alam, taman, hingga wahana wisata, tempat wisata keluarga di Bandung begitu cocok untuk menghabiskan akhir pekan. Tempat wisata keluarga di Bandung ini memiliki daya tarik masing-masing. Tempat wisata keluarga di Bandung ini juga mudah untuk dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu berkualitas di tempat wisata keluarga di Bandung ini. Wisata ini memberi pengalaman menarik mulai dari edukasi hingga kesejukan pegunungan. Berikut 6 tempat wisata keluarga di Bandung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/10/2019).

Bandung Zoo

Objek wisata di Bandung yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah kebun binatang Bandung. Kebun binatang yang sudah ada sejak 1933 ini selalu menjadi tujuan favorit berlibur warga Bandung dan sekitarnya. Bandung Zoo terletak di jantung kota sehingga mudah dijangkau.

Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan. Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjug bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

Ranca Upas

Ranca Upas merupakan kawasan bumi perkemahan di wilayah Ciwidey, Bandung. Ranca Upas menawarkan wisata alam menyejukkan untuk keluarga. Ranca upas juga dikenal sebagai tempat penangkaran rusa alami. Ranca Upas menyajikan pemandangan hutan alam yang memanjakan pengunjung.

Tempat ini cocok dijadikan destinasi liburan keluarga. Tak cuma berkemah, pengunjung bisa mencoba memberi makan rusa langsung. Pengelola biasanya menyediakan wortel untuk makanan rusa. Di sini pengunjung juga bisa menikmati kesegaran udara dataran tinggi melalui rumah pohon dan spot-spot menenangkan lainnya.

The Farmhouse

Wisata keluarga yang populer di Bandung lainnya adalah The Farmhouse. Berlokasi di Lembang, wisata ini menawarkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa. Suasana pegunungan yang segar menjadi daya tarik di kawasan ini. Area yang luas bisa menjadi tempat berlarian dan bermain bagi anak-anak.

Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti biri-biri, burung, sapi, kelinci, dan banyak lagi. Tersedia pula persewaan busana ala Eropa untuk berfoto di lokasi ini. Ada pula rumah kurcaci khas Selandia Baru yang sering dilihat di film The Hobbit. Rumah-rumah hobbit ini cocok sebagi spot instagramable yang menarik.

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini memiliki luas lebih dari 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pasar apung dengan sejuknya udara pegunungan.

Pasar apung di Floating Market Lembang menawarkan berbagai jenis kuliner seperti baso tahu, colenak, siomay, tahu lembang, surabi, sosis bakar, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, otak-otak, ketan bakar, duren bakar, jamur, dim sum, dan lain-lain. Perahu di Floating Market Lembang ini juga sudah diatur rapi untuk mempermudah pengunjung menghampiri penjual.

Selain pasar apung, pengunjung juga bisa mencoba wahana seperti memberi makan angsa atau ikan, panen sayur organik, memetik stroberi, ATV, menyewa perahu kano, perahu dayung dan sepeda air. Objek wisata ini buka Senin–Jumat dari pukul 09.00–17.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu–Minggu dan hari libur, jam buka dari pukul 09.00–20.00 WIB.

Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha kerap membuka kunjungan untuk individu, kelompok, instansi, sekolah, atau organisasi. Jadwal kunjungan bisa dilihat langsung di laman bosscha.itb.ac.id/kunjungan.

Dalam kunjungan ini pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pada malam hari, pengunjung juga bisa meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg.

About the Author: Mr. Alvharezky

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *